TEMUKAN BERITA TERBARU

Cari berita terbaru, wawasan, acara dan cerita mengenai Sari Mas Permai!

BERITA BARU DAN TERKINI

Kami memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi di Sari Mas Permai, petumbuhan, kegiatan terbaru kami dan masih banyak lagi. Ikuti terus perkembangan kami melalui Facebook dan LinkedIn untuk berita terbaru kami!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

3 Hal Penting Tentang Produksi Minyak Kelapa

[ BERITA ] 19/MAY/2017 15.21

Permintaan akan minyak kelapa yang semakin tinggi saat ini, membuat banyak orang mencoba memanfaatkannya. Karena hal ini pula, diperlukan pengetahuan lebih tentang minyak kelapa. Dan, berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang minyak kelapa.


Apa Itu Minyak Kelapa?


Minyak kelapa sendiri adalah salah satu kandungan dalam sebuah daging buah kelapa. Pada daging buah kelapa tua, terdapat setidaknya 34,7% minyak kelapa yang dapat diambil. Biasanya, bahan yang digunakan untuk memproduksi minyak kelapa terdiri dari 2 jenis. Yang pertama adalah daging buah kelapa segar dan jenis lainnya yaitu kopra atau daging kelapa yang dikeringkan.


Santan


Santan merupakan bagian yang menjadi langkah awal untuk pengambilan minyak kelapa dari buah kelapa. Santan sendiri merupakan salah satu jenis emulsi. Artinya, molekul dalam cairan santan tidak bercampur. Jadi, terdapat bagian air dan minyak sendiri. Karena hal ini, bila santan didiamkan, dua jenis larutan ini akan berpisah dengan sendirinya.


Proses Ekstraksi


Proses ini merupakan proses yang digunakan untuk mengambil minyak dari buah kelapa. Hasil akhir dari proses ini berupa minyak kelapa. Proses ekstrasi dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:


1) Proses basah (wet process), proses ini dilakukan dengan menambahkan air pada santan.


2) Proses kering, proses ini menggunakan tekanan, berupa energi mekanis. Tujuannya untuk memecahkan dinding sel untuk mendapatkan minyaknya.


3) Proses pemanasan, menggunakan panas untuk merusak dinding sel pada santan. Hal ini bertujuan untuk lebih mudah memisahkan minyak dan larutan air.