TEMUKAN BERITA TERBARU

Cari berita terbaru, wawasan, acara dan cerita mengenai Sari Mas Permai!

BERITA BARU DAN TERKINI

Kami memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi di Sari Mas Permai, petumbuhan, kegiatan terbaru kami dan masih banyak lagi. Ikuti terus perkembangan kami melalui Facebook dan LinkedIn untuk berita terbaru kami!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Minyak Nabati Jenis Coconut Oil Fatty Acid Distillate

[ BERITA ] 10/JANUARY/2017 10.10

Mungkin Anda bertanya-tanya bahan apa saja yang terkandung dalam sabun yang Anda gunakan saat ini. Bisa jadi, salah satu bahan yang terkandung dalam sabun tersebut adalah minyak nabati. Minyak nabati berasal dari beberapa jenis tumbuhan termasuk kelapa. Selain itu, minyak nabati juga terdiri dari beberapa jenis. Untuk bahan sabun, umumnya menggunakan coconut fatty acid distillate atau CFAD. Tentu saja Anda tidak bisa mengkonsumsi minyak nabati ini secara langsung seperti minyak jenis minyak nabati murni. Namun, minyak nabati ini berbentuk bahan mentah. Bahan mentah yang sudah diolah tersebut nantinya akan dicampurkan dengan bahan lain untuk menjadi sebuah produk jadi.

Produk yang paling terkenal dengan bahan minyak nabati jenis ini adalah sabun mandi. Biasanya, minyak jenis ini berwarna lebih gelap. Jika hydrogenated coconut oil lebih baik disimpan dalam keadaan beku atau padat, maka coconut fatty acid distillate lebih baik disimpan dalam bentuk cair. Minyak nabati yang asli akan mengeluarkan bau asam lemak yang sangat kuat. Minyak ini juga akan membeku atau menjadi padat jika dipanaskan pada suhu tertentu. Agar menjadi padat, maka minyak ini harus dipanaskan pada suhu sekitar 24 hingga 26 derajat celcius. Sesuai dengan namanya, minyak nabati jenis ini memang mengandung asam lemak yang cukup tinggi. Bahkan bisa dikatakan bahwa kandungan asam lemaknya mencapai 95%.

Walaupun tinggi namun asam lemak ini baik untuk tubuh sehingga tidak heran jika digunakan menjadi sabun, kulit tubuh akan menjadi lebih halus dan bersih. Minyak nabati jenis ini memiliki pH yang kurang dari 4. Selain itu, minyak nabati jenis ini memang cocok untuk produk sabun karena lebih mudah untuk larut dalam air. Saat terkena air maka minyak nabati tersebut akan tersapu air dan larut sehingga tidak ada sisanya lagi. Yang paling penting, bahan minyak nabati ini sangat aman karena terbuat dari tumbuhan yaitu kelapa yang diproses sedemikian rupa atau diekstraksi sehingga menghasilkan jenis minyak coconut oil fatty acid distillate.