News

22/02/2017

Share :

Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan hidup sehat, penggunaan bahan masakan yang sehat juga semakin meningkat. Salah satunya adalah minyak goreng. Dari berbagai jenis minyak goreng yang beredar, minyak kelapa dapat dikatakan yang paling sehat. Hal ini juga mendatangkan potensi yang cukup besar dalam dunia bisnis.

Mengapa Minyak Kelapa?

Ada beberapa alasan, mengapa minyak kelapa menjadi komoditi berharga dalam industri masa kini, misalnya:

1) Luasnya pasar yang tersedia

Tidak hanya Indonesia, masyarakat dunia juga lebih suka menggunakan minyak kelapa karena lebih sehat. Dan, tidak semua negara memiliki kemampuan untuk memproduksinya. Hal ini disebabkan letak negara mereka yang tidak memungkinkan pohon kelapa untuk tumbuh. Pasar Amerika Serikat, Eropa dan banyak negara Asia adalah beberapa diantaranya.

2) Persediaan minyak kelapa

Saat ini bisa dikatakan persediaan minyak kelapa di pasaran sangat sedikit. Langkanya minyak kelapa ini tidak bisa mengimbangi permintaan yang terus meningkat. Baik permintaan dari dalam negeri maupun luar negeri.

3) Lebih aman

Konsumen sekarang lebih mudah mencari informasi tentang produk yang mereka konsumsi. Dan saat ini, sudah banyak orang yang tahu keunggulan minyak kelapa. Ditambah dengan tren atau lebih ke budaya makan tanpa bahan pengawet, minyak kelapa semakin dicari.

Indonesia dan Minyak Kelapa

Menurut data dari Bank Indonesia tahun 2000, Indonesia memiliki sekitar 3,697 juta ha perkebunan kelapa. Dengan presentase peningkatan luas perkebunan hingga 4 persen per tahun, maka persediaan bahan baku tidak akan menjadi masalah. Hal ini juga yang membuat Indonesia dapat menjadi surga dari pengolahan minyak kelapa.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?