TEMUKAN BERITA TERBARU

Cari berita terbaru, wawasan, acara dan cerita mengenai Sari Mas Permai!

BERITA BARU DAN TERKINI

Kami memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi di Sari Mas Permai, petumbuhan, kegiatan terbaru kami dan masih banyak lagi. Ikuti terus perkembangan kami melalui Facebook dan LinkedIn untuk berita terbaru kami!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Menyambut Hari Kesehatan Internasional

[ EVENT ] 25/APRIL/2017 15.05

Tema hari kesehatan internasional tahun ini adalah tentang depresi, dan tahun lalu tentang diabetes mellitus. Saya lebih tertarik membicarakan penyakit dibetes mellitus atau kencing manis, karena beberapa alasan:


1) Jumlah penderitanya semakin meningkat di Indonesia.


2) Diabetes mellitus merupakan penyakit yang menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit kronis lainnya seperti penyakit kardio vaskuler, yaitu penyakit jantung koroner dan stroke, serta penyakit ginjal kronis yang merupakan awal dari kerusakan ginjal yang menyebabkan penderita harus dicuci darah secara rutin atau hemodiaalisis.


3) Penyakit diabetes dan penyakit kronis lainnya merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.


4) Biaya pengobatannya sangat tinggi dan saat ini merupakan biaya tertinggi yang dikeluarkan oleh BPJS.


5) Penyakit diabetes dan penyakit kronis lainnya merupakan penyakit yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Artinya sebenarnya dapat dicegah apabila gaya hidup kita diperbaiki menjadi lebih sehat. Gaya hidup yang memicu munculnya penyakit kronis adalah kebiasaan makan yang berlebihan yang ditandai dengan berat badan yang berlebihan baik overweight atau obesitas, dan aktivitas fisik yang rendah.


Untuk mencegah penyakit kronis yang harus dilakukan adalah:


1) Mengatur asupan makan agar tidak berlebihan dengan cara Mengurangi ataau menghentikan makanan camilan bagi yang sudah berlebih berat badannya dan menggantinya dengan buahan berair banyak.


2) Menjaga makan utama agar tetap dikonsumsi secara teratur 2 atau 3 kali sehari yang terdiri dari makanan sumber karbohidrat (seperti nasi, kentang, singkong), sumber protein hewani (daging sapi, daging ayam atau ikan dan telur), sumber protein nabati yang terdiri dari kacang kacangan dan produknya, serta sayuran.


3) Mengurangi atau menghindari makanan yang terbuat dari tepung dan gula.


 


4) Melakukan olah raga rutin berupa olah raga aerobik minimal seminggu 150 menit.