TEMUKAN BERITA TERBARU

Cari berita terbaru, wawasan, acara dan cerita mengenai Sari Mas Permai!

BERITA BARU DAN TERKINI

Kami memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi di Sari Mas Permai, petumbuhan, kegiatan terbaru kami dan masih banyak lagi. Ikuti terus perkembangan kami melalui Facebook dan LinkedIn untuk berita terbaru kami!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Proses Penyulingan Kering Minyak Kelapa

[ ARTIKEL ] 29/SEPTEMBER/2016 08.05

Salah satu proses penyulingan minyak kelapa adalah dengan proses penyulingan kering. Proses ini melalui beberapa tahapan yang panjang hingga akhirnya menjadi minyak kelapa yang siap diolah menjadi minyak goreng kelapa. Hal pertama yang dilakukan dalam penyulingan penyulingan minyak kelapa adalah pemilihan, pembersihan, dan penghancuran kelapa. kelapa pilihan tersebut dibersihkan dari berbagai partikel, kotoran atau benda-benda asing lainnya. Setelah dipastikan bersih, daging kelapa kemudian dihancurkan dengan dicacah. Hasil akhir dari proses ini adalah serbuk kelapa kering dengan tekstur kasar.

Setelah diperoleh serbuk kelapa dengan tekstur yang diinginkan, proses penyulingan dilanjutkan dengan proses pemanasan. sesuai dengan namanya, proses ini adalah proses memanaskan serbuk kelapa dengan suhu tertentu. Umumnya, serbuk tersebut dipanaskan pada suhu 104 derajat celcius. Serbuk kelapa tersebut panaskan selama 30 menit. Tujuan proses ini adalah untuk mengurangi kadar air pada kelapa sekaligus mengeluarkan minyak yang terkandung dalam serbuk kelapa tersebut. Proses selanjutnya adalah proses ekstraksi. Proses ini adalah proses pengepresan atau penekanan pada kelapa yang sudah dipanaskan tadi. Pengepresan dilakukan dengan menggunakan expeller. Proses ini menggunakan teknologi tekanan tinggi dengan suhu tertentu. Hasil dari proses ini adalah minyak kelapa dengan warna terang dan lebih bersih. Setelah mendapatkan minyak kelapa hasil pengepesan, minyak tersebut melalui proses penyaringan. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghilankangkan partikel kecil dan partikel besar.

Setelah mendapatkan minyak kelapa yang bersih dari partikel tersebut, proses dilanjutkan dengan proses pemurnian minyak. Proses tersebut terdiri dari tiga macam yaitu netralisasi, bleaching dan deodorasi. Hasilnya, hanya minyak kelapa yang bersih, jernih dan tidak berbau saja yang dikemas. Umumnya, minyak kelapa yang sudah melalui proses pemurnian akan dikemas dalam botol plastik, kaleng, atau botol kaca. Itu artinya, minyak kelapa sudah siap digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga termasuk untuk menggoreng. Semakin jernih minyak kelapa yang disuling, maka itu artinya minyak kelapa tersebut adalah minyak kelapa yang berkualitas. Selain jernih, minyak kelapa tersebut juga tidak berbau serta kandungan asam lemak bebasnya tidak terlalu tinggi.