TEMUKAN BERITA TERBARU

Cari berita terbaru, wawasan, acara dan cerita mengenai Sari Mas Permai!

BERITA BARU DAN TERKINI

Kami memberikan informasi lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi di Sari Mas Permai, petumbuhan, kegiatan terbaru kami dan masih banyak lagi. Ikuti terus perkembangan kami melalui Facebook dan LinkedIn untuk berita terbaru kami!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Pemanfaatan Ampas Minyak Nabati Kelapa

[ ARTIKEL ] 10/JANUARY/2017 11.19

Minyak nabati dalam bentuk cair adalah minyak hasil ekstraksi bahan bakunya. Bahan baku yang digunakan beragam termasuk kelapa. Lalu, bagaimana dengan ampas dari minyak nabati kelapa yang sudah diekstraksi. Ampas tersebut tidak langsung dibuang tapi digunakan sebagai bahan pembuatan copra pellet. Jadi, bahan utama copra pellet adalah ampas atau residu dari minyak nabati kelapa. Walaupun terbuat dari ampas kelapa, produk ini sangat berguna khususnya untuk industri perikanan. Copra pellet bisa dijadikan makanan untuk ikan, udang, dan jenis ikan lainnya. Makanan dari copra pellet juga sangat bergizi bagi ikan-ikan tersebut.

Selain untuk pakan ikan, copra pellet juga bisa digunakan sebagai campuran pakan ternak. Bahkan, dengan mencampurkan produk ini, ternak akan menghasilkan susu lebih banyak dengan kualitas yang lebih baik. Misalnya, sapi yang diberikan pakan copra pellet akan menghasilkan susu yang lebih kental, manis dan rasa yang khas jika dibandingkan dengan susu dari sapi yang tidak mengkonsumsi copra pellet. Secara tekstur, copra pellet berwarna coklat keemasan dan berbentu padat. Bau dari produk ini cenderung manis atau berbau sedikit wangi khas. Walaupun sudah menjadi ampas biasanya produk copra pellet masih mengandung protein dan lemak. Produk ampas ini dikemas atau diproses ke dalam bentuk pellet tujuannya adalah untuk memudahkan proses pencampuran dengan pakan ternak. Pellet berbentu lebih kecil dan lembut karena itu, bentuk seperti ini juga cocok untuk pakan ikan karena akan lebih mudah dicerna oleh ternak tersebut.