News

20/03/2019

Share :

Luka bakar selain menyakitkan juga harus segera dilakukan perawatan untuk mencegah iritasi yang lebih parah dan tidak membekas. Seperti yang telah kita ketahui, luka bakar memiliki beberapa tingkat yakni 1, 2, dan 3, dimana semakin tinggi tingkatannya menunjukkan seberapa parah luka bakar tersebut. Apabila anda memiliki luka bakar tingkat 1 atau biasa disebut dengan superfisial, anda dapat melakukan perawatan di rumah. Minyak kelapa merupakan bahan yang efektif digunakan untuk perawatan setelah anda mengalami luka bakar.

Kandungan dalam minyak kelapa dapat mencegah infeksi, mempercepat kesembuhan, dan dengan dilakukannya perawatan yang teratur akan meminimalisir bekas luka bakar. Penggunaan minyak kelapa juga melembabkan kulit sehingga terlihat lebih sehat dan anda dapat tampil lebih percaya diri. Untuk melakukan perawatan luka bakar ringan di rumah, segera basahi dengan air dingin yang mengalir selama beberapa menit. Hal ini selain mendinginkan kulit yang terbakar, juga dapat membantu mencegah terbentuknya jaringan parut karena dengan cepat dapat menstimulasi aliran darah pada area luka bakar. Keringkan area tersebut dengan menggunakan handuk bersih secara perlahan. Menggosoknya terlalu kuat akan memperparah kondisi luka bakar.

Ambil minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan secara perlahan pada luka bakar dan diamkan selama 10-15 menit hingga menyerap sempurna. Setelah itu anda dapat membersihkannya dengan air mengalir. Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama beberapa hari hingga area luka bakar tidak terasa sakit. Ulangi langkah-langkah tadi apabila beberapa saat kemudian area tersebut terasa sakit. Minyak kelapa juga dapat anda gunakan kembali sebagai perawatan sesudahnya, yaitu untuk melembabkan kulit pada area luka bakar.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?