News

26/04/2018

Share :

Isu lingkungan hidup selalu terkait dengan industri yang melibatkan sumber daya alam. Di Indonesia, persoalan ini juga disuarakan oleh para aktivits lingkungan hidup terhadap perusahaan minyak kelapa sawit. Tapi apa yang kita bicarakan di sini adalah minyak kelapa mentah atau crude coconut oil. Apakah itu juga jadi masalah?

Komitmen Melestarikan Lingkungan

Memang akan selalu kompleks jika kita membicarakan persoalan lingkungan hidup dengan upaya industri yang melibatkan sumber daya alam. Selama ini, berbagai kritikan ditujukan kepada perusahaan dan pemerintah yang membuka lahan-lahan baru untuk perkebunan. Di sinilah sebuah perusahaan akan diuji dengan kapasitas yang tak hanya meningkatkan produksi, namun menjaga kelestarian lingkungan.

Survei Lahan

Kelapa adalah hasil perkebunan yang menjadi salah satu ciri khas dari lingkungan tropis. Kita sering menjumpai tanaman di sepanjang wilayah Indonesia. Bisa dikatakan bahwa tidak susah untuk menemukan pohon kelapa di sejumlah tempat sekitar. Namun untuk menjadikan itu sebagai sebuah industri besar, ada banyak tantangan bagi sebuah perusahaan. Salah satunya adalah solusi untuk mengantisipasi dan mencegah risiko dari perluasan demi perkebunan kelapa baru. Tindakan terbaik ialah dengan melakukan survei yang dilakukan oleh para pakar dan ilmuwan. Bagaimanapun, untuk membuka lahan perkebunan, sebuah perusahaan tidak bisa sembarangan. Itu membutuhkan perijinan lingkungan dengan prosedur yang harus dipatuhi satu demi satu.

Masalah lingkungan adalah masalah kita juga. Kenyataan bahwa industri minyak kelapa semakin diminati oleh perusahaan menimbulkan satu tanggung jawab besar bagi dunia bisnis dan industri. Prinsip utama adalah menjaga ekosistem lingkungan serta mengoptimalkan produksi yang lebih efektif dan efisien. Apalagi, pangsa pasar produk ini terbuka lebar di negara-negara lain, dan itu berarti kemajuan bagi perekonomian negara.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?