FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!
WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Nasi Sehat dengan Minyak Kelapa

[ NEWS ] 28/NOVEMBER/2018 00.00

Nasi merupakan salah satu jenis makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nasi merupakan makanan pokok yang kaya akan karbohidrat terbuat dari beras yang telah ditanak. Indonesia sebagai negara agraris tentu memproduksi beras dengan jumlah yang besar. Maka tidak heran nasi merupakan makanan pokok yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, nasi juga memiliki kolesterol yang tinggi. Energi yang dihasilkan saat mengkonsumsi nasi apabila tersisa akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Sehingga, nasi secara tidak langsung juga menjadi salah satu penyebab diabetes dan obesitas apabila dikonsumsi secara berlebihan.


Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, salah satu studi dari universitas Chemical Science di Sri Lanka menemukan jawaban agar nasi yang telah kita masak mengandung kalori yang lebih sedikit bahkan berkurang hingga 60%. Caranya yaitu dengan menambahkan minyak kelapa saat anda memasak nasi. Minyak kelapa sebagai minyak sehat kaya manfaat dapat mengkonversi jumlah tepung yang terdapat dalam beras. Banyaknya jenis tepung yang mudah dicerna dalam beras tersebut menjadi berkurang sehingga kalori yang dihasilkan pun ikut berkurang.


Cara memasak nasi dengan menambahkan minyak sehat pun mudah seperti saat kita memasak nasi pada umumnya. Masukkan minyak kelapa sebanyak 3% dari berat total beras yang hendak anda masak. Setelah nasi matang masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam. Mendinginkan nasi dapat mengurangi  kalori yang terdapat di dalamnya karena dapat menghasilkan formasi ikatan hidrogen antara molekul amilosa di luar butiran beras menjadi pati resistan. Demikian cara agar nasi yang anda konsumsi lebih sehat. Tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak kelapa pada jenis makanan lainnya seperti kue, menggoreng makanan, dan lain-lain.