Articles

21/05/2022

Share :

Berbagai manfaat minyak kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan tanpa efek samping.

Manfaat Kesehatan Minyak Kelap

Minyak kelapa merupakan jenis minyak goreng yang semakin populer. Banyak produsen yang menggunakan minyak kelapa dalam produk kemasan, dan banyak pula yang menggunakannya untuk memasak. Berbagai produk, seperti snack/makanan yang digoreng, permen, coklat, sampo, kopi creamer, smoothie dll yang semuanya mengandung minyak kelapa.

Selain itu minyak kelapa juga dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan. berikut ini 15 manfaat untuk kesehatan dari minyak kelapa.

1. Sehat untuk jantung

Penyebab utama penyakit jantung yang paling banyak adalah tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi didalam tubuh. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung atau menderita stroke. Maka dari itu mengkonsumsi minyak kelapa dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

2. Perawatan rambut

Saat ini banyak produk yang memberikan minyak kelapa ke dalam produk untuk alasan kosmetik, untuk rambut, kulit, kuku , dan gigi mereka . Zat tersebut telah ditemukan sebagai pelembab yang aman dan efektif untuk kondisi seperti xerosis , atau kulit kasar dan kering. Selain itu, minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein di rambut Anda, meningkatkan kesehatan rambut Anda.

3. Perawatan Kulit

Salah satu kunci kulit glowing dan awet muda adalah dengan menjaga asupan cairan agar kulit tetap terhidrasi. Untuk itu, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit wajah agar kulit tetap lembab dan terhidrasi. Sebuah penelitian NCBI membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral pada orang dengan kulit kering, dan menemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim.

4. Meningkatkan sistem imun

Kandungan asam lemak jenuh rantai medium, dan berat molekulnya rendah, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan merupakan herbal alternatif yang ampuh untuk pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Mengonsumsi minyak kelapa murni sehari-hari dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, sehingga dapat mencegah seseorang terkontaminasi terhadap bakteri atau virus dan penyakit-penyakit yang mematikan.

5. Sangat baik untuk luka bakar

Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk luka bakar. Minyak kelapa tidak hanya mencegah infeksi sekunder dan menstimulasi proses penyembuhan, tetapi juga menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi munculnya bekas luka di kulit. Anda dapat mengoleskan 0,5 ml-1 ml minyak kelapa di permukaan kulit yang terbakar secara teratur selama lebih dari 10 hari.

6. Meningkatkan energi

Manfaat berikutnya dari minyak kelapa adalah dapat memberikan pasokan energi yang lebih cepat di dalam tubuh. Prosesnya adalah saat kandungan trigliserida rantai panjang (LCT), molekul lemak diangkut melalui darah Anda ke jaringan yang membutuhkannya, seperti otot atau jaringan lemak. MCT langsung menuju ke hati dan menjadi pasokan energi yang cepat dengan cara yang sama seperti karbohidrat.

7. Membasmi infeksi jamur

Secara keseluruhan minyak kelapa telah lama digunakan sebagai pengobatan kurap karena beberapa alasan.

Pertama, minyak kelapa adalah agen antijamur yang kuat yang dapat membasmi infeksi jamur ringan atau superfisial bila dioleskan secara topikal. Manfaat ini berasal dari asam laurat dan lipid antimikroba yang ditemukan dalam asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa.

Kedua, minyak kelapa juga digunakan untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Manfaat antiinflamasi, antioksidan, dan pelembabnya dapat meredakan iritasi dan kulit mengelupas dengan melumasi kulit dan mempercepat waktu penyembuhan. Ia juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan gejala infeksi yang terlihat lainnya.

8. Mengontrol berat badan

Manfaat minyak kelapa untuk diet bisa membantu merangsang metabolisme dan meningkatkan energi di dalam tubuh. Ketika metabolisme tubuh meningkat, kemampuan tubuh untuk membakar lemak juga akan semakin besar, sehingga semakin sedikit penumpukan lemak di dalam tubuh dan berat badan tetap stabil.

9. Mengurangi risiko alzheimer

Minyak kelapa menjadi salah satu minyak alami yang memiliki kandungan MCT sehingga meningkatkan keton dalam darah. Peneliti percaya meningkatkan keton dalam darah membuat tambahan energi untuk sel otak sehingga menurunkan risiko gejala awal penyakit alzheimer.

10. Baik untuk kulit kepala

Kandungan minyak kelapa bersifat antimikroba dan antijamur, sehingga dapat menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Jika digunakan pada kulit, minyak kelapa memiliki efek melembabkan yang sangat efektif. Pada rambut, struktur asam ini cenderung mudah diserap ke dalam kulit atau batang rambut. Karena itu, kamu juga bisa menggunakannya pada rambut kering dan rusak tanpa khawatir rambutmu bakal lepek.

11. Mencegah penyakit hati

Dalam studi yang dimuat dalam Journal of the Science Food and Agriculture, konsumsi minyak kelapa pada tikus percobaan yang mengalami penyakit liver dapat membantunya pulih dan memiliki kesehatan lebih baik setelah 4 minggu.

12. Mencegah batu ginjal

Minyak kelapa mengandung antibiotik alami yang dapat melawan gejala infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi ginjal. Sebab, minyak kelapa dapat secara langsung melindungi hati dari kerusakan.

Selain ekstrak minyaknya, air kelapa juga dipercaya dapat membantu menghilangkan batu ginjal dan membantu proses penyembuhannya.

13. Mengobati pankreatitis

Minyak kelapa juga telah terbukti sangat berguna dalam mengobati pankreatitis dengan cara mengkonsumsinya secara rutin. Pankreas yang sehat berperan untuk menghasilkan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kehadiran hormon dan enzim dari pankreas maka zat gizi akan terserap dengan baik.

14. Baik untuk diabetes

Beberapa bukti menunjukkan minyak kelapa dapat mengurangi gejala diabetes tipe 2. Penelitian pada hewan tahun 2009 menemukan bahwa diet yang kaya asam lemak rantai menengah seperti minyak kelapa, dapat membantu mencegah obesitas dan melawan resistensi insulin.

15. Kesehatan gigi dan tulang

Berkumur dengan minyak kelapa direkomendasikan untuk mencegah gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkap bahwa berkumur dengan minyak kelapa sehari sekali bisa mengurangi jumlah mutan bakteri streptococcus pada gigi selama dua minggu.

Nah itulah beberapa manfaat dari minyak kelapa, memang masih banyak lagi manfaat lain dari minyak kelapa. Minyak kelapa memang bukan obat khusus spesifik untuk suatu penyakit tertentu, namun tak ada salahnya mencoba cara yang tergolong alami dan tak banyak menimbulkan efek samping ini.

Indonesian<em>Coconut</em>Oil<em>Exporting</em>Company

Coconut Oil Indonesia

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?