Events

14/07/2017

Share :

Ada dua jenis kolesterol: lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol baik, dan lipoprotein densitas rendah (LDL), atau kolesterol jahat. HDL tampaknya membantu mengurangi tingkat LDL, dan tingkat HDL yang tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Beberapa peneliti telah berpendapat bahwa trigliserida rantai sedang (MCT), sebuah komponen dalam minyak kelapa, dapat membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik. Partisipan mengonsumsi 1 sendok makan minyak kelapa dua kali sehari selama 8 minggu.

Namun, hasil penelitian bervariasi. Studi kecil pada tahun 2004 menemukan hasil yang berlawanan. Dalam penelitian tersebut, MCT dalam makanan meningkatkan kolesterol jahat pada 17 pria muda sehat. Para ilmuwan tidak meneliti indikator kesehatan jantung lainnya.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 tidak menemukan bukti yang jelas bahwa minyak kelapa baik atau buruk bagi tingkat kolesterol.

Namun, temuan yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa dampak minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin serupa dengan minyak zaitun. Sejauh ini, hasilnya masih belum pasti, dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?