Kegiatan CSR Dessert and Cooking di Bangkalan Madura

News

03/11/2023

Share :

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Dessert and Cooking yang diselenggarakan di Bangkalan, Madura, serta menggambarkan potensi industri olahan makanan di daerah tersebut. Dengan melibatkan berbagai pihak, acara tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi peserta, tetapi juga memberikan wawasan tentang kemajuan UMKM serta potensi kulinernya di Bangkalan, Madura. Dari kreasi makanan khas hingga pertumbuhan produksi perikanan, artikel ini mengungkapkan keberagaman serta daya tarik kuliner dari Madura yang patut diperhatikan.

Kegiatan CSR Dessert and Cooking di Bangkalan Madura

Selasa - 24 Oktober 2023. Kali ini PT Sari Mas Permai dan Mamaco mengadakan kegiatan CSR di pulau seberang Surabaya, yaitu di Bangkalan, Madura dengan dibantu kembali oleh Ketua APMMJ Korwil Bangkalan, Ibu Rita Ningsih. Menurut beliau, kegiatan workshop tersebut cukup menarik dan menambah ilmu dan wawasan untuk peserta yang hadir dan juga teman-teman sangat antusias sekali dan saking banyaknya sampai - sampai pendaftaran ditutup dikhawatirkan overload dan diharapkan juga akan diadakan kembali di event selanjutnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Dinas Tenaga Kerja Bangkalan, Madura dengan dihadiri oleh warga sekitar, seperti dari kecamatan Galis, Arusbaya, Kamal dan masih banyak lagi. Mereka semua merupakan bagian dari penggerak roda usaha atau pahlawan UMKM di sekitaran Bangkalan, Madura. Rincian acara tersebut berupa kreasi hidangan utama, kreasi hidangan penutup, bagi - bagi doorprize dan ditutup dengan lomba makan sosis.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kreasi makanan Sewel dari chef Jojo dengan tambahan isian tongkol suwir pedas. Info dari chef kami, isian sewel tersebut dapat diganti dengan berbagai isian yang sesuai dengan selera masing - masing, seperti ayam suwir, mie, dan ikan suwir lainnya. Sedangkan menu hidangan kedua dari Chef Jojo memasak steak tuna. Semua resep dicatat baik dan banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada chef kami.

Tidak hanya menu gorengan juga, tapi terdapat brand lain yang ikut serta mendemokan masakan untuk makanan penutup berupa puding ataupun jelly. Brand - brand lain juga turut berpartisipasi mengikuti kegiatan workshop tersebut dengan memberikan doorprize undian buat peserta yang hadir dan juga terdapat lomba makan sosis di acara penutup workshop tersebut.

POTENSI INDUSTRI OLAHAN MAKANAN DI BANGKALAN, MADURA

Potensi industri olahan hasil laut di Madura merupakan salah satu mata pencarian dari UMKM di Bangkalan, Madura. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan, hasil perikanan laut dan budidaya pada tahun 2018 mencapai 29.064 ton. Sedangkan pada tahun 2019 sebanyak 31,772.

Jadi ada peningkatan sebesar 2.708 ton. Namun untuk dikonsumsi sendiri oleh warga Madura, mereka lebih banyak mengkonsumsi olahan ternak seperti, daging, bebek dan juga ayam. Terutama untuk rumah makan di warung daerah bangkalan Madura yang sangat terkenal dengan Nasi Bebek itu sendiri dan sektor untuk kuliner di sana cukup pesat sekali karena pengunjung yang datang ke Bangkalan lebih banyak berburu kuliner nasi bebek. Kegiatan workshop ini diharapkan juga bisa meningkatkan olahan ikan di area Bangkalan, Madura.

Kegiatan CSR Dessert and Cooking di Bangkalan Madura 1

Kegiatan CSR Dessert and Cooking di Bangkalan Madura 2

Kegiatan CSR Dessert and Cooking di Bangkalan Madura 3

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?