Articles

21/09/2021

Share :

Mengenal perbedaan antara Minyak Kelapa Terhidrogenasi VS Tidak Terhidrogenasi. Masing-masing memiliki kelebihan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengenal Perbedaan antara Hydrogenated dan Non hydrogenated Coconut Oil.

Minyak Kelapa Terhidrogenasi

RBD HYDROGENATED COCONUT OIL (RBD HCNO)

Hidrogenasi adalah istilah yang merujuk pada reaksi kimia yang menghasilkan adisi hidrogen. Proses ini umumnya terdiri dari adisi sepasang atom hidrogen ke sebuah molekul. Pada minyak kelapa, proses hidrogenasi menggunakan jenis minyak kelapa RBD, Proses hidrogenasi juga dilakukan pada minyak nabati lainnya untuk menghasilkan jenis produk yang lebih padat. Hasil dari proses hidrogenasi minyak kelapa yaitu HCNO (Hydrogenated coconut oil) minyak goreng kelapa yang telah melalui proses hidrogenasi akan berwujud seperti lemak padat berwarna putih dan mencair apabila dipanaskan. Pada minyak kelapa yang di hidrogenasi tetap bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan pembuatan es krim, permen dan berbagai kebutuhan kosmetik.

Minyak Kelapa Non Hidrogenasi

RBD COCONUT OIL

Minyak kelapa non-hidrogenasi adalah minyak kelapa yang belum mengalami proses hidrogenasi. Minyak kelapa ini adalah jenis minyak kelapa RBD, ciri-ciri dari minyak kelapa RBD adalah warnanya yang lebih jernih dan teksturnya lebih encer dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Kandungan minyak tak jenuh tetap utuh dan tidak dimodifikasi dan tetap seperti bentuk aslinya yaitu cair. Kegunaan dari Non Hydrogenated Coconut Oil adalah sebagai bahan utama untuk menggoreng.

Keunggulan Menggunakan Minyak Kelapa

Pada minyak kelapa Hydrogenated dan Non hydrogenated Coconut Oil masing-masing memiliki keunggulan yang sama, hanya saja bentuk atau teksturnya yang berbeda antara kedua nama tersebut. Pada masing-masing jenis diatas merupakan jenis minyak yang terbuat dari kelapa kopra, sehingga memiliki kandungan yang baik dan sehat jika dikonsumsi dibandingkan dengan minyak jenis lain.

Pada minyak kelapa harganya pun relatif terjangkau jika dibandingkan dengan minyak nabati jenis lain, sehingga cocok untuk digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan dapur dan industri makanan. Berikut ini beberapa keunggulan jika menggunakan minyak goreng kelapa :

  • Warna jernih
  • Memiliki kadar air rendah
  • Hasil makanan yang digoreng lebih krispi
  • Lebih cepat panas
  • Tidak mudah berubah warna (menghitam)
  • Aroma lebih harum
  • Tidak mudah susut
  • Harga kompetitif dan ekonomis

Demikian informasi mengenai perbedaan antara Hydrogenated VS Non hydrogenated pada minyak kelapa, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda untuk lebih memahami perbedaan antara kedua jenis tersebut. Sebagai produsen minyak kelapa di indonesia, PT. Sari Mas Permai telah berpengalaman dalam mengolah berbagai jenis produk turunan minyak kelapa. Menggunakan bahan dasar kopra berkualitas, mengolah dengan mesin modern dan didukung dengan tenaga ahli akmi mampu menghasilkan produk minyak kelapa dengan kualitas terbaik. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian baik dalam negeri maupun ekspor, silahkan hubungi departemen marketing kami pada halaman kontak kami.

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?