FIND THE UPDATED NEWS

Find the latest news, insight, event and stories about Sari Mas Permai!

STAY UPDATED STAY AWAKE

We provide more information about what’s happening in Sari Mas Permai, our latest activities, growth, and more. Stay connected with us through Facebook and LinkedIn for our latest news!

WHAT'S HAPPENING IN SARI MAS PERMAI?

Minyak Kelapa Sudah Digunakan Lama dalam Industri Pangan

[ Events ] 21/Jun/2019 12:00

Sejak puluhan tahun yang lalu bahkan sebelum tahun 1990 dan sejak tahun 1990 pada industri makanan siap saji yang ada di dunia telah menggoreng kentang dalam minyak nabati hidrogenasi dan bukan lemak sapi serta minyak tropis. Hal tersebut mereka lakukan perubahan ini karena pendapat yang berlaku yang menyatakan bawa minyak nabati lebih sehat dari pada minyak lainnya.

Beberapa Jenis Makanan Yang Sudah Dibuat Menggunakan Minyak Kelapa:

1. Jenis Makanan Roti 2. Jenis Makanan Kue 3. Jenis Makanan Sup 4. Jenis Makanan Rebusan 5. Jenis Makanan Saus 6. Jenis Makanan Permen 7. Dan berbagai jenis makanan beku dan juga jadi

Pada umumnya jenis makanan diatas telah dibuat menggunakan minya tropis seperti minyak sawit dan juga minyak kelapa. Hingga pada akhirnya pada dekade 1980-an yang diketahui bahwa pada minyak tropis seperti minyak sawit dan juga minyak kelapa merupakan bahan yang sangat umum dalam berbagai pembuatan jenis makanan.

Minyak kelapa ini digunakan secara luas oleh seluruh industri makanan yang ada di dunia karena memberikan banyak sekali khasiat yang diinginkan oleh makanan yang diolah. Karena penggunaannya yang sangat stabil maka lemak jenuh dari tumbuhan ini tidak menjadi tengik seperti halnya lemak tak jenuh ganda.

Karena dengan menggunakan minyak tropis seperti minyak sawit dan minyak kelapa juga menjadikan makanan akan lebih segar, tahan lama dan juga lebih baik bagi kesehatan manusia. Akibat dari perang minyak tropis tersebut minyak kelapa dan juga sawit hampir saja hilang dari persediaan makanan di Amerika.

Masyarakat Amerika kini mengkonsumsi jauh lebih sedikit asam lemak yang meningkatkan kesehatan yang terkandung pada minyak kelapa dan juga lebih banyak mengkonsumsi asam lemak trans yang akan menghancurkan kesehatan yang telah terkandung dalam minyak kedelai hidrogenasi. Hampir dari 80 persen minyak nabati yang telah digunakan oleh masyarakat Amerika saat itu berasal dari kedelai.

Yang sudah diketahui bahwa tiga perempat dari minyak tersebut terhidrogenasi atau mengandung hampir 50 persen asam lemak trans). Hal tersebut telah menyebabkan luar biasa banyaknya asam lemak trans dalam makanan masyarakat Amerika dan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.

Seperti contoh pada satu hidangan restoran yang pada tahun 1982 hanya mengandung 2,4 g asam lemak trans namun saat ini melonjak menjadi mengandung 19,2 g asam lemak tersebut. Sedangkan makanan yang sama yang hanya minyaknya yang berbeda karena minyak hidrogenasi digunakan dimana-mana, sepertinya masyarakat telah dikutuk oleh asam lemak trans setiap masyaratk makan dan faktanya penggunaan minyak kelapa terbukti menyehatkan tubuh kita.