Articles

22/04/2022

Share :

Ketahui berbagai resiko penyakit akibat kolesterol tinggi serta bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol.

Resiko Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat seperti lilin atau seperti lemak yang ditemukan di semua sel dalam tubuh Anda. Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu Anda mencerna makanan. Tubuh Anda secara alami juga membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya. Kolesterol juga terdapat pada makanan dari sumber hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju.

Jika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda, keadaan tersebut bisa menyebabkan bergabungnya kolesterol dengan zat lain dalam darah untuk membentuk plak. Resikonya adalah Plak akan menempel pada dinding arteri Anda. Penumpukan plak ini dikenal sebagai aterosklerosis . Ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner , di mana arteri koroner Anda menjadi sempit atau bahkan tersumbat. Selain itu, kolesterol berlebih juga bisa menyebabkan berbagai resiko penyakit.

Beberapa resiko penyakit jika kadar kolesterol tinggi adalah sebagai berikut :

  1. Penyakit Jantung Koroner. Risiko utama yang berhubungan erat dengan kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner (PJK).
  2. Stroke.
  3. Penyakit Arteri Perifer (PAP)
  4. Diabetes Tipe 2.
  5. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Bagaimana kolesterol tinggi didiagnosis?

Biasanya tidak ada tanda atau gejala bahwa Anda memiliki kolesterol tinggi. Ada tes darah untuk mengukur kadar kolesterol Anda. Kapan dan seberapa sering Anda harus menjalani tes ini tergantung pada usia, faktor risiko, dan riwayat keluarga Anda. Rekomendasi umumnya adalah:

Untuk orang yang berusia 19 tahun atau lebih muda:

  • Tes pertama harus antara usia 9 hingga 11 tahun
  • Anak-anak harus menjalani tes lagi setiap 5 tahun
  • Beberapa anak mungkin menjalani tes ini mulai usia 2 tahun jika ada riwayat keluarga dengan kolesterol darah tinggi, serangan jantung, atau stroke

Untuk orang yang berusia 20 tahun ke atas:

  • Orang dewasa yang lebih muda harus menjalani tes setiap 5 tahun
  • Pria berusia 45 hingga 65 tahun dan wanita berusia 55 hingga 65 tahun harus memilikinya setiap 1 hingga 2 tahun

Bagaimana saya bisa menurunkan kolesterol?

Anda dapat menurunkan kolesterol melalui perubahan gaya hidup seperti :

  • Rutin berolahraga
  • Makan makanan sehat
  • Menjaga berat badan

Jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup menurunkan kolesterol Anda, Anda mungkin juga perlu minum obat. Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia (sebaiknya berkonsultasi dengan dokter). Meskipun anda meminum obat anda juga harus tetap melakukan perubahan gaya hidup diatas.

Untuk mendukung gaya hidup sehat dan menjaga kualitas makanan terutama makanan yang digoreng, jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng kelapa. Minyak goreng kelapa tidak menyebabkan tidak menyebabkan tumpukan lemak yang menyebabkan resiko kolesterol namun akan langsung diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi.

Read also : What is the difference between HDL and LDL, the impact on Health?

Coconut Oil Suplier Indonesia

Berita Terkait

butuh bahan baku kelapa terbaik?